Teknologi

Muvon Aplikasi Muslim Berteknologi Canggih Karya Anak Bangsa

muvon

MUVON yang berarti “Muhammadiyah Vision” berteknologi Over The Top (OTT) yang sudah akrab digunakan oleh masyarakat umum. Aplikasi dengan kesatuan data, informasi dan berbagai aktivitas dalam satu perangkat. Selama ini, aplikasi ini sudah akrab digunakan. Biasanya dalam aplikasi chatting yang terintegrasi dengan perolehan informasi lainnya.Aplikasi MUVON ini terintegrasi dengan fitur LIVE TV & VOD, Market Place, Sosial Media dan Search Engine. Kelebihan MUVON dibanding aplikasi berbasis OTT lainnya, adalah mengusung visi dalam mengembangkan ekosistem gaya hidup halal dengan dukungan teknologi.

Teknologi yang kian berkembang tentunya mempermudah bagi yang ingin istiqomah bergaya hidup halal. Dengan aplikasi MUVON siapapun dapat mengakses layanan dengan cara syariah. Misalnya, dalam layanan search engine, bisa memperoleh informasi tentang sekolah muslim, rumah sakit muslim, panti asuhan yang sesuai dan lain sebagainya.

Kelengkapan fitur berteknologi ini tak lepas dari kerjasama TV Muhammadiyah dengan berbagai pihak. Diantaranya Digital Media Corp dan Digital Creative Asia. Menurut Bapak Gatot Triyatno, Dirut TV Muhammadiyah, bahwa aplikasi yang dibangun ini masih membuka kerjasama dengan pihak lain sebagai wujud sama-sama membangun ekonomi syariah berkelanjutan dan sinergi yang luas.

“MUVON merupakan hadiah bagi TV Muhammadiyah yang berulang tahun ke-4 pada 18 November lalu.” Kata Pak Gatot.

Sementara Bapak Dadang Akhmad, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah menjelaskan bahwa MUVON bisa menjadi alternatif bagi generasi millenial dan lanjutannya untuk memperoleh informasi terintegrasi yang lengkap.

Menurut beliau, selama ini kaum muda mengalami penurunan minat baca. Maka dengan kehadiran aplikasi gaya hidup halal berbasis OTT ini, diharapkan dapat membantu kaum muda mengakses informasi dengan lebih menyenangkan dengan memperoleh banyak manfaat.

aplikasi muvon

Fitur-fitur yang ada dalam MUVON diantaranya, PASARMU, bagi yang suka berjualan, fitur ini dapat dimanfaatkan karena layanan ini gratis dan bebas digunakan siapapun. Sementara JOBMU, memberi peluang bagi kawula muda yang belum berkesempatan mendapatkan pekerjaan. Informasi job dan terkait pengembangan karir ada di fitur ini.

Lebih memudahkan lagi, ada BillMU. Kita bisa dimudahkan untuk membayar berbagai tagihan. Seperti listrik, air dan lain sebagainya. Tak perlu ribet dengan membuka banyak akun atau transfer ke luar rumah. Sangat simpel kan? Masih banyak lagi fitur lainnya yang mendukung aktivitas sehari-hari di MUVON.

Bapak Khairullah, Project Director MUVON menjelaskan juga bahwa ada fitur Citizen Journalizm (CJ) yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun yang senang menulis atau menyebarkan berita penting. Dapat melalui video dan tulisan.

Tentu saja sajian berita-berita yang diunggah pada CJ ini, harus sesuai dengan akhlak yang baik dan tidak mengandung berita hoax atau bohong. Maka dari itu, dalam setiap konten yang diunggah akan dimoderasi terlebih dahulu.

Informasi-informasi yang terdapat dalam MUVON juga tidak mengandung unsur ujaran kebencian. Kaidah-kaidah konten yang disajikan tentunya terus menjadi perhatian pengelola agar tidak kecolongan dengan berita yang tidak benar.

Aplikasi MUVON saat ini sedang dalam pengembangan. Dapat dinikmati masyarakat mulai Akhir Februari 2018 dengan cara mengunduhnya melalui Google Play atau App Store secara gratis.

Dalam soft launching MUVON App pada 30 November 2017 selain memperkenalkan aplikasi dengan berbagai fiturnya, ada penandatanganan kerjasama juga dengan beberapa perusahaan yang satu visi.

Dengan aplikasi MUVON, kemudahan dalam bergaya hidup halal semakin yakin dan tenang karena fitur-fiturnya membantu mencarikan apa yang dibutuhkan tanpa harus menguras tenaga. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah merukapan karya anak bangsa yang patut didukung dan dibanggakan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s