Uncategorized

Tips Mengecat Rumah Sendiri Dari Kansai Paint

Peserta Small Gathering With Kansai Paint
Peserta Small Gathering With Kansai Paint

Warna dinding rumah akan memberikan rasa nyaman untuk dilihat dan dirasakan, bahkan dapat memengaruhi semangat dan suasana hati yang melihatnya. Selalu ingin berganti suasana dengan mengubah warna dinding rumah sesering mungkin, tetapi ingin hemat biaya tukang. Solusinya adalah mengecat rumah sendiri saja. Selain akan menghemat biaya juga bisa berkreasi sesuka hati. Kegiatan mengecat pun jadi sangat menyenangkan. Apalagi ada cat tembok dari Kansai Paint yang wangi buah apel, pasti akan jadi pengalaman unik karena serasa ada aroma therapy.

Kita bisa se-profesional tukang cat atau tenaga maintenance ketika mengecat tembok atau semua komponen yang perlu di cat di dalam rumah. Asal menguasai teknik dan persiapannya. Berikut adalah Tips pengecaatan yang diberikan oleh Kansai Paint ketika saya mengiikuti Small Gathering di Luna Negra Plaza Bapindo 19 April lalu,bersama Blogger dan idBlognetwork.com.

Persiapan Pengecatan:

1. Pilih jenis cat yang tepat sesuai kebutuhan, untuk dinding mana cat tersebut akan dipakai, apakah untuk dinding interior atau eksterior karena jenis produk untuk kedua tempat tersebut berbeda,pastikan kita memilih produk yang tepat agar hasilnya maksimal.

2. Bandingkan beberapa produk cat, baca keterangan atau aturan pemakaian, yang takkalah penting, data teknis yang ada pada kemasan cat.

3. Tentukan pilihan warna.

4. Hitung jumlah kebutuhan cat.

Cara menghitung kebutuhan cat :

1. Hitung luas permukaan masing-masing bidang /dindin yang aakan dicat.

2. Hitung luas plafon / langit-langit.

3. Jumlahkan luas dinding dan luas plafond.

4. Hasil penjumlahan tadi dikurangi dengan luas bukaan (Pintu dan Jendela) sehingga akan ditemukan total luas yang akan dicat.

5. Luas bidang yang akan dicat dibagi dengan daya sebar cat per liter / kilogram.

Mas Jeremy Haryono dari Kansai Paint
Mas Jeremy Haryono dari Kansai Paint

Memilih cat tembok yang baik, pilihlah dengan cat tembok yang mempunyai ciri ; Tidak beracun, tidak ada tambahan timah hitam atau merkuri yang cepat kering, tahan lama, daya tutup sempurna dan daya lekatnya baik. Dalam kesempatan gathering ini, Pak Jemmy Haryono memperkenalkan produk Cat dari Kansai Paint, Kansai Paint adalah Industri cat terbesar dari Jepang sejak 1918 dan mulai masuk ke Indonesia pada 1977, beberapa produk tersebut diantaranya diantaranya :

Kansai EcoClean, yang merupakan cat premium interior Anti Noda, sangat cocok untuk didalam ruangan, jika ada anak kecill yang suka coret-coret tembok dengan penggunaan alat tulis tidak permanen, akan mudah dibersihkan dengan air saja. Selain mudah dibersihkan, warnanya cerah, Low VOC, tidak mengandung timah hitam dan merkuri, permukaan halus dan semi glozz.

Kansai PROPERTY Cat tembok anti bakteri, dengan teknologi Bio Pruf, berbahan aktif Dichloro Isothiazolin (DCOIT) yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat pembentukan enzim dan circle crebs pada sel bakteri, merusak fungsi selpernafasan dan dinding sel bakteri. Selain anti bakteri, Kansai PROPERTY juga mudah dibersihkan, daya tutup luas, pilihan warna menawan dan wangi segar.

SPLESH , Pilihan terbaik untuuk cat exterior yang semi gloss, tahan terhadap cuaca ekstrim, tahan timbulnya jamur dan lumut, daya lekat dan daya tutup baik, mudah dibersihkan warna tidak pudar dan tidak beracun

FTALIT Cat besi dan kayu kualitas tinggi yang cepat kering, sangat mengkilap, tahan lama dan tidak pudar, tahan cuaca, daya tutup sempurna, daya lekat baik, pilihan dan ketahanan warna baikk.

PROPERTY glozz , Cat besi dan kayuyang super gloss, cepat kering, ekstra mengkilap, tahan lama, ekonomis, mudah diaplikasi dan pilihan warna menarik.

Kansai Primer, Cat dasar berkualitas tinggi dengan pigmen anti karat, mudah diaplikasi, cepat kering, daya lekat sangat baik, tahan lama, pelindung besi / baja terhadap karat.

Setelah kita mengetahui cat tembok yang akan digunakan sesuai selera, berikut adalah persiapan dalam langkah pengecatan yang dibagikan tips-nya oleh Mas Jemmy Haryono :

1. Persiapkan dan bersihkan permukaan tembok yang akan dicat.Untuk tembok baru, periksa kadar alkali dan kelembaban tembok. Sedangkan untuk tembok lama, kerok bagian tembok yang mengelupas dengan menggunakan kape. Amplas permukaan tembok hingga sisa cat hilang, bersihkan dengan lap,pastikan tembok kering, bersih dan bebas dari debu, kotoran, noda, minyak, lumut dan jamur. Agar hasilpengecatan maksimal.

2. Lindungi bagian yang tidak ingin dicat dengan lakban kertas, misalnya pembatas antara dinding dengan lantai, kusen jendela dan pintu, stop kontak harus ditutup. Setelah selesai mengecat, cabut lakban kertas sebelum cat mengering, agar cat tidak ikut tercabut.

3. Aplikasikan cat dasar

4. Rratakan permukaan tembok, gunakan filter (plamur tembok) untuk menutuplubang kecil, celah dan retakan pada dinding. Ratakan dengan menggunakan kape,kemudian haluskan dengan amplas

5. Campurkan cat dengan air sebanyak 10% dari jumlah cat. Aduk hingga rata,kemudian tuang ke dalam bak pengecatan. Aplikasikan cat pada tembok, gunakan kuas untuk mengecat bagian pinggi tembok atau lis. Setelah lapisan pertama mengering, (2-3 jam) lakukan pengecatan lapissan kedua diatas lapisan pertama.

Hasil dari simulasi warna dengan penggunaan produk Kansai PROPERTY


Jika ingin hasil lebih maksimal, kansai Paint memberikan simulasi warna bagi yang ingin konsultasi dengan pemilihan warna yang tepat untuk interior atau eksterior ruangannya. Biasanya di beberapa toko dan depo bangunan tersedia konsultasi simulasi warna bagi yang membutuhkannya.

Kansai Paint saat ini sedang mengadakan program nonton bareng Manchester United secara langsung dengan akomodasi gratis dan bagi-bagi hadiah gadget. Informasi selanjutnya bisa lihat di Twitter-nya @ColouringLifeID

Dari Small Gathering ini, banyak wawasan buat saya tentang cara memilih cat tembok yang baik, cara mengecat yang tepat dan berbagai tips bermanfaat. Dengan tips yang diberikan Kansai Paint, sangat berguna bagi kita agar tak tergantung pada tukang saja untuk melakukan pekerjaan mengecat rumah sendiri oleh diri kita sendiri, hanya mengikuti panduan teknisnya, maka kita dapat se-profesional tenaga maitenance dalam hal pengecatan rumah.

Lebih dari itu, ada hal yang baru saya ketahui, bahwa memilih cat tembok atau cat lainnya untuk perlengkapan rumah, tak hanya warna untuk keindahan saja yang harus diperrhatikan, tetapi harus mudah dibersihkan dan tidak beracun serta dapat menimbulkan rasa nyaman. Beberapa produk Kansai Paint yang saya jelaskan di atas dapat memberi solusi untuk pengecatan interior dan exterior yang maksimal dan menyehatkan.

0aacf0f15d3934856dcc8cbc45981b24_img-20140426-06573
Logo baru idBlognetwork

Dalam acara Small Gathering bersama Kansai Paint, Mba Wiwik dari idBlognetwork (IBN) memperkenalkan logo baru serta pelayanan digital yang ada. Saat ini, IBN sedang melakukan berbagai pengembangan dalam teknis campaign maupun pendataan. Saat ini IBN memberikan pelayanan dalam hal Media Placement, Buzzer Management, Event Organizer dan Sosial Media Management.

Gathering diakhiri dengan makan siang dan foto bersama. Terima kasih Kansai sudah memberikan ilmu bagaimana mengecat yang baik dan IBN atas undangannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s