Uncategorized

Meraih Makna Kurban

Melakukan Rukun Islam yang kelima yaitu beribadah haji , juga berkurban jika untuk masyarakat yang mampu baik secara materi, kesehatan juga mental, untuk melakukan hal itu adalah sudah pasti merupakan sesuatu yang membahagiakan hati karena sudah memenuhi kewajiban juga panggilan Allah SWT.

Melakukan ibadah haji maupun berkurban tentunya tidak cukup jika tidak dibarengi tingkah laku dan sikap memaknai kedua ibadah itu tanpa melakukan sikap toleransi dan berbagi terhadap orang lain dan orang yang membutuhkan uluran kita dalam bentuk apapun.

Bagaimana dengan yang belum mampu untuk melakukan ibadah haji atau berkurban? tidak perlu kecil hati, karena Allah SWT Maha Pemurah dan agama Islam tidak menyusahkan umatnya, kedua hal itu bagi yang mampu melaksanakannya.

Bagi yang belum melaksanakan insya Allah tahun depan atau entah nanti jika sudah ada upaya serta Allah sudah mengijinkan pasti bisa, yang terpenting sekarang kita tetap harus memaknai momen idul adha ini dengan sebaik baiknya dengan berbuat sesuatu yang dapat bermanfaat serta bisa berbagi dengan orang lain yang membutuhkan, dan tidak mengambil sesuatu yang bukan hak kita.

Kita dapat melakukan berbagi terhadap sesama dengan sesuatu yang bisa kita berikan, baik materi semampu kita, dorongan semangat dan doa atau dengan cara memberi bantuan tenaga bagi para korban bencana dimanapun atau bagi yang sedang terkena musibah.

Untuk melakukan semua itu sudah pasti sebagian harta, tenaga juga waktu akan tersita namun, bukan berarti hilang atau terbuang, semua itu akan menjadi sesuatu yang sangat berharga sekali serta berlipat ganda nilainya, yang tak dapat dinilai dengan benda apapun , kita dapat berbagi kebahagiaan , ikut mengurangi beban walau tidak sepenuhnya, dan dapat menenangkan orang lain, juga insya Allah , apa yang kita miliki dan apa yang kita lakukan senantiasa diridhoi Nya.

Memaknai Kurban juga bisa dalam bentuk menahan sikap egois dan serakah, kita bisa berbagi pendapat dengan orang lain, bersikap rendah hati dan selalu mementingkan kepentingan orang banyak, tidak akan merugi jika kita bisa mementingkan kepentingan orang banyak, karena dengan demikian kita akan meraih berkahnya lewat doa doa orang lain juga Allah Maha Mengetahui niat baik seseorang.

Mari kita memaknai kurban dengan segenap kemampuan yang kita miliki dan semata mata untuk meraih Ridho Nya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s