Uncategorized

Hang Out untuk Ventilasi Hati dan Pikiran

Setiap insan didunia ini tak dapat dipungkiri bahwa hidup didunia ini membutuhkan orang lain, baik untuk saling tolong menolong dan tukar pikiran.

Dalam kegiatan sehari hari disela rutinitas dirumah maupun ditempat kerja, sangat membutuhkan teman untuk saling mendukung, mencari inspirasi juga saling bertukar pendapat agar dapat saling melengkapi dan saling menambah wawasan tentang apapun dalam kegiatan sehari hari kita.

Jika memang suka bertukar pikiran saat ngobrol via chatt, fb atau media lainnya, akan terasa lebih segar jika sesekali kopdar, bertatap muka langsung atau hang out bareng bareng, gak usah ditempat yang eksklusif, cukup ditempat yang murmer atau bisa juga nonton bareng ramai ramai, akan memberi penyegaran dan mengatasi kesumpekan dari harian rutinitas kita.

Selain itu jika kita ber hang out akan menemukan energi baru, selain karena bisa keluar segala beban dengan ngobrol bersama, tertawa bersama dan saling becanda, sangat menyegarkan tentunya ya, ngobrolnya harus yang bermutu namun fun dan tidak ghibah alias tidak rumpi he..he..he… namun menyenangkan tentunya.

Cari teman yang menyenangkan, yang mau berkembang dan yang bisa membuat pikiran, hati dan pandangan kita menjadi lebih baik terhadap sesuatu yang terjadi dalam hidup kita, jika ada teman yang membutuhkan recharge mindset pun bisa kita bantu untuk memperluas pandangannya dalam menyikapi sesuatu itu, jadi dalam hal ini bisa take and give kan.

Yang selama ini kita terpaku pada satu pandangan dan wawasan menurut kita dan lingkungan rumah saja, akan mengakibatkan kita sempit dan mentok dalam menyikapi sesuatu, jika kita banyak mengenal sisi kehidupan dan tata cara orang diluaran dari lingkungan kehidupan kita, setidaknya kita dapat membuka cakrawala dan penyegaran, tetapi bukan mentah mentah harus diadopsi lho, semua hal yang kita dapat diluaran baik dari segi pemikiran, wawasan, ilmu maupun kesimpulan dari hasil ngobrol tetap harus kita telaah baik baik, kita saring dan kita pertimbangkan, jika sudah menjadi suatu keputusan dalam bersikap, pikirkan lagi apakah hal itu dapat kita terima dengan nyaman dan dapat dipertanggung jawabkan?

Jadi mari kita peroleh teman sebanyak banyaknya baik di dunia maya maupun nyata, perluas cakrawala dan bijak dalam mengenal banyak orang, jangan sampai banyak mengenal orang malah timbul banyak masalah, tetapi percaya deh jangan takut, jika kita bisa menempatkan diri dalam pergaulan juga bisa membawa diri dan bersikap rendah hati, insya Allah banyak teman itu berkah.

Advertisements
Uncategorized

Apotik dan Warung Hidup

Ngobrol dengan anak anak sekarang, banyak yang tidak ngeh dengan apotik atau warung hidup, padahal penting sekali untuk dibudidayakan agar pengetahuan tentang khasiat tumbuhan dapat diketahui, juga lahan kosong disekitar halaman rumah bisa dimanfaatkan.

Apotik hidup adalah tanaman berkhasiat yang dapat digunakan untuk pengobatan dan kesehatan tubuh yang dapat ditanam di sekitar halaman rumah, selain tanaman itu berkhasiat juga berfungsi untuk penghijauan dan membuat oksigen serta hawa disekitar rumah menjadi segar.

Ini adalah apotik dan warung hidup disekitar halaman tempatku tinggal :

img0536a1

Daun Ginseng yang berfungsi untuk stamina kuat juga bisa buat lalapan

img0537a

Lidah Buaya, selain untuk obat batuk dan luka bakar juga bisa untuk menguatkan rambut dan bisa dibuat minuman.

Contoh tanaman untuk apotik hidup : Kunyit, Serai, Sirih, Lengkuas, Kumis kucing, daun dewa, daun ginseng, dan lain lain, jika halaman tidak memadai, bisa ditanam dalam pot pot dalam berbagai ukuran, kalau daun sirih bisa ditanam merambat , jadi bisa dibuat palang besi seperti atap agar sirih bisa menjalar dan menyerupai atap.

Warung hidup adalah tanaman yang dapat dimakan sebagai kebutuhan dapur, jika punya halaman rumah yang agak luas atau lahan yang bisa ditaruh pot pot untuk menanam pelengkap bumbu dapur itu, tak ada salahnya jika ketika memasak, ada sisa akar daun bawang bisa ditanam di pot, atau menaburkan biji cabe rawit, biji tomat kedalam tanah atau pot disekitar rumah kita.

Selain itu jika halaman rumah kita agak luas, dipinggirnya bisa kita tanami singkong, selain berfungsi untuk pagar juga daun dan buahnya bisa dimanfaatkan, bukan?

img0529a

103_54991

Sekar dan pohon sawi yang baru tumbuh

103_5494

Sekar Bersama Pohon sawo yang ditanam di pot besar, bisa berbuah juga dan buahnya muanissss

img0528a

Pohon cabe rawit ini dari hasil ditaburkan bijinya , tumbuh subur

img0533a

Hasil Panen cabe rawit

Malah pohon pepaya bisa ditanam disudut halaman, selain daunnya bisa untuk lalapan, buahnya juga tak kalah berguna.

Kecintaan pada aneka hayati di sekitar kita tak perlu mahal mahal dan harus ratusan ribu untuk memiliki nya, dengan tanaman talas yang daunnya lebar pun sangat indah menghiasi halaman rumah kita, selain daunnya bisa disayur, talasnya juga bisa dimakan untuk cemilan atau aneka masakan.

Jika putra putri kita atau generasi muda tahu akan khasiat aneka ragam hayati, suatu saat mereka terdampar di pulau kosong, atau tugas di luar pulau, dihutan atau sedang pelatihan ditempat yang diluar jangkauan masyarakat, kan bisa dengan mudah menemukan segala tumbuhan yang bisa dimanfaatkan disaat urgent.

Selain itu bisa juga membantu untuk penelitian karya ilmiah atau sebagai salah satu ajang save our earth and our environment melalui menanam pohon ditiap rumah dengan kapasitas yang ada.

Uncategorized

Home Alone

Apa yang terjadi jika kita sedang sendirian dirumah, apalagi pada tengah malam yang mencekam, yang terasa lama banget buat menunggu pagi disaat susah tidur? Segala upaya sudah dilakukan, setel musik, Film, baca novel atau main game atau Fb, rasanya sudah semuanya.

Disaat titik jenuh tiba dan ada perasaan takut dan was was ketika mendengar suara tidak beres dari luar rumah, kita bisa bedakan suara binatang cicak, kecoa atau tikus, nah kalau gelagat suara tersebut tidak beres dan menimbulkan rasa takut juga khawatir, dan apa yang sebaiknya dilakukan jika benar benar ada tamu tak diundang?

Ada tips nih buat yang tidak biasa sendirian dirumah , jika ada tamu tak diundang mau masuk rumah kita, kita manipulasi aja dengan cara :

Batuk batuk dan melangkah , pasti si tamu tak diundang akan grogi dan ngacir duluan

Jika si tamu tak diundang masih belum beranjak, langkahkan kaki keras keras sampai terdengar berisik, buat seolah dirumah itu banyak orang, pura pura mengetok pintu kamar, seolah olah dikamar ada orangnya, panggil2 aja nama lebih dari dua nama he..he…pura puranya bangunin gitu. Setidaknya bisa bikin grogi itu tamu tak diundang dan akhirnya ngacir.

Jika kita mendiami sebuah rumah namun hanya sendiri, sementara sering ada petugas PLN, pengecekan Gas LPG atau yang lain2nya yang datang, bisa dibuat seolah olah rumah kita berpenghuni banyak, dengan memasang foto rame2 di dinding ruang tamu, jejerin jemuran setengah kering di ruangan dekat dapur, he..he…beneran lho, yg datang itu pada bertanya, teman2nya masih kerja ya pada belum pulang? ini pengalamanku waktu masih gadis tapi diam di mess sendirian.

Uncategorized

Japati Bodas

Hate anu hariwang , ngajegkeun pamuntangan

Ngajegkeun lengkah sing ulah kabawa ku sakaba kaba

Japati bodas hiber mapay langit anu rerep ku halimun

Matak waas , nyawang ka mangsa nu dituju

Japati bodas teu nalingakeun ka pungkur, teras mapay langit

Teu milari anu teu kadugi, mung hiber ku sagala upaya kanggo neraskeun lampah hirup anu bebas mung tanggel waler.

Siga Japati Bodas, abdi bade nyawang ku sagala upaya ngalakonan hirup anu tos diseratkeun gu Gusti Nu Maha Suci.

Buat teman teman yang tidak mengerti Bahasa Sunda, ini kilasan dari kalimat kalimat diatas, maaf tidak pakai Bahasa Indonesia sebab hati sedang ingin lebih dalam he..he…. intinya begini :

” Aku ingin seperti merpati putih itu yang terbang terus dilangit walau langit mendung, namun ia terus terbang dan terus berusaha menambah kekuatan dan kemampuannya dalam perjalanannya diangkasa, bukan untuk mencari sesuatu yang mustahil atau berlebihan, hanya terus berusaha mengarungi kehidupannya, apapun hasilnya, apapun kondisinya, si merpati putih itu selalu berusaha menjadikan hidupnya indah dan hatinya selalu tanpa beban jalani apapun, dia selalu bersikap bebas namun bertanggung jawab.”

Kenapa Merpati Putih itu bersikap bebas namun bertanggung jawab? karena sejauh dia terbang selalu kembali ke sarang saat waktunya memberi makan anak2nya.

Uncategorized

Doing Best Things by yours

Melakukan suatu hal yang terbaik dengan apa yang kita punya tanpa mengada ada atau memaksakan suatu keadaan sampai keluar jalur atau jatah adalah suatu hal yang sangat memuaskan dan membuat lapang hati.

Dalam hal apapun, jika kita berbuat sesuatu, memberikan sesuatu dengan kapasitas yang kita punya namun bisa memberikan hal yang maksimal kepada orang lain, maka akan ada rasa kepuasan diri juga begitu berharganya semua yang kita lakukan itu.

Dibanding jika kita mempunyai segala hal yang berlebihan juga segala hal yang mewah atau kenikmatan yang begitu berlimpah namun kita bingung dan tidak menemukan jalan bagaimana memperlakukan atau menyikapi kelebihan yang kita punya itu, sangat disayangkan juga sangat nobody, nothing dan benar benar hampa.

Jika sudah dalam kondisi kita kebingungan untuk bagaimana melangkah selanjutnya, bagaimana menggunakan kelebihan yang kita punya secara tepat, da bagaimana menyikapi kenikmatan agar dapat dibagi kepada orang yang tepat dan situasi yang tepat??? kondisi ini jelas sangat merugikan pada kualitas dan nilai kepribadian serta keberkahan hidup yang kita dapat.

Karena keberkahan hidup dan kualitas hidup sangat berperan pada bagaimana sikap kita dan kemampuan kita dalam menghadapi berbagai tantangan, cobaan, perjuangan hidup juga kemauan kita untuk belajar menelaah setiap hal yang terjadi pada hidup.

Mari kita bersama sama melakukan apa yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk kualitas hidup kita, apapun , sebesar apapun kemampuan dan kondisi kita, pada dasarnya kita telah diberi bekal dan kekuatan, tinggal diri kitanya saja bagaimana menyikapi, mau atau tidak untuk mencapai sesuatu yang berkualitas, bukan tergantung bisa atau tidaknya, bukankan jika ada kemauan pasti ada jalan.

Agar kita tidak kebingungan dan mentok ditengah jalan karena tidak mampu melakukan sesuatu, perbanyak berdoa, banyak melihat kehidupan diluar sana yang luas dan bisa melihat berbagai sudut pandang hidup dari berbagai sisi, banyak sosialisasi dengan orang lain, dengan melakukan hal ini, bukan hal yang tak mungkin dari diri kita akan tumbuh sikap sikap yang sepatutnya dilakukan pada orang lain, lingkungan juga segala sesuatu yang kita punya, bukankah kualitas hidup lebih berharga dari apapun didunia ini? yang tak bisa dibeli juga tak bisa dijual.