Uncategorized

Sikap dalam Berbisnis

Terinspirasi dari tulisan mba Irma tentang bisnis, kita mengenal kata bisnis mungkin sudah sejak dari sekolah SD, menjelang dewasa baru ingin mencoba bisnis kecil kecilan dan berlanjut ke taraf real bisnis, baik itu mengajukan sebuah proyek besar, jualan kue kering, busana muslim, catering, membuka gerai atau lapak untuk aneka produk dan lain sebagainya.

Terkadang jika berbicara bisnis, kita dihadapkan pada satu hal yang sering bertentangan, mayoritas orang akan memberi saran dan pengaruh yang umum terjadi yaitu dengan kata ” Bisnis itu harus tega dan harus bisa adaptasi dengan permainan agar tidak mudah tergeser oleh pesaing.” Begitu ujar dari salah satu teman yang sudah malang melintang dalam bisnisnya, dia memang sukses sih.

Tetapi melihat kesuksesan dia hatiku menjadi ada sesuatu yang mengganjal dan tersirat sebuah pertanyaan yang belum puas kudapatkan jawabannya, oke temanku ini boleh mengambil prinsip seperti itu jika memang hal itu membuat dia maju dan tidak mau memikirkan baik buruk rezeki yang ia peroleh, tetapi bagi yang ingin menjalani bisnis secara murni dan menumbuhkan empathy juga sama sama enak dengan rekan berbisnis tanpa embel embel harus bersaing secara keras tanpa lihat kanan kiri, namun tetap bisa maju, bagaimana meyakinkan hati agar selalu dijalur istiqomah?

Selain hal berikut ini :

1. Jujur, transparan dalam transaksi

2. Bersaing secara sehat, tanpa menjatuhkan pesaing

3. Tidak mengambil terlalu banyak untung, cukup saja porsinya

4. Pelayanan yang baik dan welcome

5. Konsinyasi / Selalu bertanggungjawab terhadap barang yang harus diganti dikarenakan rusak, salah kirim atau kelebihan/ kekurangan kirim.

Berbisnis yang menyenangkan lagi tidak memberatkan orang lain sangat akan membawa berkah dan kepuasan, contohnya berbisnis baju muslim selain memberi untung materi juga menuai pahala atau bisnis makanan yang orang lain butuhkan setiap hari akan menuai manfaat yang banyak juga.

Tidak hanya untuk bisnis itu saja, untuk berbagai bisnis skala besar pun perlu etika, sikap moral yang baik dan kejujuran agar rezeki yang didapat terasa berkah dan enak untuk semua.

Teman teman mungkin mau melengkapi opini dan jawaban bagaimana bersikap yang baik dalam berbisnis? please share ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s