Uncategorized

Ketika di Negeri Orang

Karena dari beberapa teman ada yang ingin tahu cerita ketika aku bekerja di Johor Malaysia sembilan tahun yang lalu selama dua tahun, maka inilah ceritanya, tapi maaf ya kalau aku upload foto ketika itu yang belum pakai jilbab, karena aku mulai pakai jilbab tahun 2005.

Tahun 2000-2002 Tepatnya di Kulai, Johor Darul Takzim, di sebuah pabrik plastik forming untuk kemasan barang barang elektronik juga makanan, dengan posisiku sebagai staff Akunting , kenapa aku bisa sampai kesana? karena waktu itu adalah rezeki buatku bisa lulus test empat tahapan di Depnaker Bandung dari mulai Psychotest, mengerjakan soal akuntansi dan bahasa Inggris, interview dan test kesehatan, mukjizat sekali buatku saat itu karena hampir aku gak percaya karena sainganku adalah orang orang lebih berpengalaman dan semua berwajah oriental karena perusahaan itu ingin yang bersasal dari etnis cina, dengan percaya diri berlebihan waktu aku interview aku meyakinkan bahwa aku mampu dan aku keluarkan jurus narsis untuk pamer dua bahasa asingku yaitu Inggris dan Jepang.

Dua Minggu kemudian aku di telepon pihak Depnaker, aku diberitahu bahwa aku lulus bersama tiga orang teman lainnya, aku jingkrak jingkrak dan hampir berontak karena orang tua dan keluarga gak setuju aku bekerja di Malaysia walau untuk pekerjaan profesional, mereka bilang aku masih gadis dan mereka khawatir juga masih bisa hidupi aku tanpa harus pergi jauh jauh ke Negeri orang, dengan alasan yang masuk akal dan motivasi diriku yang ingin maju dan mandiri serta sedikit tindakan mogok makan agar di ijinin akhirnya mereka luluh dan ikut mendampingiku selama proses membuat paspor, fiskal dan lain sebagainya.

Tiba Kuala Lumpur saat itu malam pukul 12, aku dijemput seorang wanita cantik dan seorang Bapak bijaksana yang ternyata adalah calon bos ku, aku langsung diantar ke mess sebagai akomodasi tempat tinggal buatku yaitu satu rumah yang akan dihuni aku sendiri dengan fasilitas didalamnya yang lengkap, dari mulai kompor gas, kulkas, tempat tidur, TV dan perlengkapan lainnya.

Bekerja dengan profesi baru di tempat baru, adaptasi dengan teman teman berbeda history, culture juga beda bangsa merupakan tantangan sendiri buatku yang pada saat itu masih berusia 23 tahun.

Sedikit dapat mengangkat martabat bangsa ketika menghadiri suatu acara mewakili perusahaan di sana, dan dapat aku klarifikasi segala pemberitaan yang menyudutkan kondisi bangsa kita, banyak yang tertarik dan respect mendengar ceritaku tentang kebudayaan yang beragam serta Bhineka Tunggal Ika yang diterapkan di negara kita.

Pulang tahun 2002 aku harus pulang karena harus menikah, aku gak mau mengecewakan orang tua, padahal sedang betah betahnya berkarir disana dan Bos pun berat untuk melepasku karena dia bilang kerjaku effisien dan teliti, ceileeeee…

Oh ya pengalaman menarik jadi akunting disana enak hitungannya gak banyak digit dibelakangnya soalnya RM bukan RP hi..hi….

Oh ya, tinggal di Johor ketika liburan kalau mau ke Singapura tinggal nyebrang saja pakai Bis Transit link bayar 1 Ringgit 10 sen sekitar Rp.3000 kalau rupiah pada saat itu, dengan sedikit interview dan cap visa turis selama 3 hari akhirnya bisa deh masuk Singapura, sambil menyelam minum air jadinya.

oh ya sedikit kenangan 9 tahun yang lalu ini foto foto di negeri jiran, bersama makcik makcik dan teman teman di Malaysia.

12

Bersama teman teman dari Malaysia ki-ka Chang Ming Lih, Aku, Lee Li Ching dan Foo Fei Fern

331

Berlibur di Pulau Langkawi , Kedah Kelantan Malaysia, konon ini adalah pulau Bali nya Malaysia yang berbatasan dengan Thailand.

31

32

Melancong ke Singapura dengan budget yang bikin happy karena murahnya tinggal nyebrang pake bis dengan transport yang gak disangka sangka cuma RM 1.10.

11

Bersama Etnis India Tamil di Kulai Johor, karena masyarakat Malaysia terdiri dari Etnis Melayu, Cina dan India Tamil.

Inilah kenangan sembilan tahun yang lalu di mengais rezeki di negeri jiran, penuh tantangan juga uji nyali serta membuahkan hasil yang manis, menjadi bekal dimasa sekarang dan selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s